Semarak Perayaan Imlek di Tanjung Pinang

Semarak Perayaan Imlek di Tanjung Pinang, Bintan dalam Menyambut Tahun Baru

602 0
602 0
Spread the word!
Facebook Google LinkedIn Pinterest Email WhatsApp Twitter

Tahun Baru Imlek, atau lebih dikenal dengan Imlek adalah salah satu wujud ungkapan rasa syukur masyarakat Tionghoa dalam menyambut pergantian tahun dalam kebudayaan Cina. Perayaan Imlek di Indonesia sangat meriah dengan diadakannya festival-festival yang meriah. Banyak kota di Indonesia yang merayakan Imlek dengan meriah. Tak terkecuali untuk di Bintan. Perayaan Imlek di Tanjung Pinang menyambut Tahun Baru merupakan suatu hal yang sudah menjadi tradisi setiap tahun.

Perayaan Imlek umumnya menampilkan pertunjukan seni dan kebudayaan Cina. Puncak perayaan Imlek disebut dengan Cap Go Meh, yaitu hari ke-15 dan merupakan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Semarak perayaan Imlek di Tanjung Pinang mulai terasa di bulan ini. Memang, perayaan Imlek di Tanjung Pinang merupakan hal yang tidak asing dan selalu diperingati secara meriah setiap tahunnya.

Meskipun Tanjung Pinang mempunyai latar belakang budaya Melayu yang kuat, namun keberadaan warga keturunan Tionghoa beserta kebudayaannya telah menjadi salah satu bagian dari masyarakat Tanjung Pinang. Bahkan, beberapa kampong tua di kota ini merupakan kampung pecinan, contoh salah satunya ada di daerah Senggarang.

Perayaan Imlek di Tanjung Pinang

Setiap tahun menjelang perayaan Imlek di Tanjung Pinang, ada satu tradisi yang sudah berjalan selama belasan tahun, yaitu Pasar Imlek. Pasar Imlek ini biasanya buka mulai dari pukul 5 sore hingga jam 10 malam.

Pusat kegiatan Pasar Imlek ini ada di jl. Pasar Kota Tanjung Pinang. Berbagai macam pernak-pernik Imlek, bermacam-macam pakaian, jajanan dan beragam makanan dijajakan di sepanjang Jalan Pasar ini. Pasar Imlek ini tidak hanya dikunjungi oleh warga keturunan Tionghoa saja. Banyak juga warga lain yang datang dan ikut menyemarakkan perayaan.

Keramaian Pasar Imlek dengan berbagai hiasan lampion
Keramaian Pasar Imlek dengan berbagai hiasan lampion

Walaupun merupakan perayaan Imlek, sebagian besar produk yang dijual adalah produk halal. Berbagai macam produk ditawarkan dengan harga yang bersahabat.

Selain menikmati berbagai macam barang menarik yang dijual di Pasar Imlek, para pengunjung juga bisa menikmati suasana khas Imlek yang meriah. Lampion digantung berjajar di sepanjang Jalan Pasar, alunan lagu-lagu Mandarin dari Negeri Tirai Bambu melantun merdu menambah suasana semarak Perayaan Imlek di Tanjung Pinang ini.

Di negeri asalnya, Imlek dikenal juga dengan Srping Festival atau Festival Musim Semi, yang merupakan sebuah perayaan yang dilakukan oleh kaum petani. Mereka bergembira karena telah melewati musim dingin yang sulit dengan suhu yang sangat menusuk. Kemudian menyambut gembira kehadiran musim semi dengan penuh pengharapan dan suka cita.

Event Imlek lain di Bintan

Selain Perayaan Imlek di Tanjung Pinang, ada beberapa event dna festival menarik lain untuk menyambut Imlek, yaitu Festival Imlek di Lagoi Bay dan Treasure Bay. Jangan sampe ketinggalan untuk mengikuti keduanya ya!

Untuk event lain di tahun ini, kamu juga bisa lihat kalender event kita ya!

In this article

Join the Conversation